JavaScript Di Dalam HTML

JavaScript & HTML


http://websitecompletecoding.blogspot.co.id/#
Untuk dapat menjalankan script JavaScript tentunya anda memerlukan suatu browser yang mendukung JavaScript seperti Netscape Navigator (mulai versi 2.0), FireFox, Opera, Konqueror (pada KDE 2) atau Microsoft Internet Explorer (mulai versi 3.0), "ini adalah hal yang penting sebelum anda memulai menulis atau membuat script atau program JavaScript". Perlu diperhatikan juga bahwa anda tentunya harus memiliki pengetahuan dan mengerti HTML.

JavaScript mengelola seluruh element pada halaman website secara hirarki. Setiap element tersebut dipandang sebagai objek yang dapat memiliki methodes dan properties tertentu. Dengan JavaScript kita dapat memanipulasi objek-objek tersebut, untuk itulah diperlukan pemahaman mengenai hirarki dari objek-objek HTML

Skrip program JavaScript ditulis dalam dokumen HTML anda dengan masukkan tag khusus <SCRIPT> dan di akhiri dengan tag </SCRIPT> (case dalam tag HTML sifatnya case-insentive). Seluruh blok kode JavaScript yang anda tulis harus berada dalam (diantara) tag-tag tersebut. Tag awal yang menandai sebuah blok script atau program JavaScript juga dapat ditulis lengkap pada tag awalnya dengan menambahkan atribut LANGUAGE="JavaScript", Penulisannya seperti berikut :
<SCRIPT LANGUAGE="JavaScript">
      ..... blok kode .....
</SCRIPT>

Atribut lain yang dapat disisipkan dalam tag <SCRIPT> adalah "SRC=URL".

Penulisannya :
<SCRIPT LANGUAGE="JavaScript" SRC="url"> </SCRIPT>

Atribut "SRC" sifatnya opotional, atribut ini digunakan jika anda ingin menyertakan program JavaScript anda yang terpisah atau eksternal dari dokumen HTML anda ke dalam dokumen tersebut. Program atau script anda harus berinteraksi "js".

Contoh file :
"pemula.js"

Contoh :
<SCRIPT LANGUAGE="JavaScript" SRC="pemula.js">
</SCRIPT>

Program JavaScript anda dapat diletakan di antara tag <HEAD> ... </HEAD>, namun tidak harus dalam tag tersebut anda juga dapat meletakan di antara tag <BODY> ... </BODY>. Hanya saja akan lebih baik dan tertib jika anda menaruh scrip anda di antara tag <HEAD> ... </HEAD>.

Contoh :
<HEAD>
       <TITLE>
               Belajar JavaScript
       </TITLE>
       <SCRIPT>
       </SCRIPT>
</HEAD>

Atau
<HEAD>
       <TITLE>
               Belajar JavaScript
       </TITLE>
       <SCRIPT LANGUAGE="JavaScript">
       </SCRIPT>
</HEAD>

Masalah akan timbul jika halaman website anda yang menyertakan kode JavaScript didalamnya, diakses dengan browser lama yang belum mendukung JavaScript. Jangan khawatir akan masalah tersebut, anda cukup menyertakan tag komentar "<!--" dan di tutup "//-->" dalam kode JavaScript anda seperti berikut :
<HEAD>
       <TITLE>
               Belajar JavaScript
       </TITLE>
       <SCRIPT LANGUAGE="JavaScript">
              <!-- kode ini tidak terlihat di browser lama
                      document.write ("ini blok kode JavaScript!")
              //-->
       </SCRIPT>
</HEAD>

Script diatas akan menghasilkan teks "ini blok kode JavaScript!" pada browser anda dan teks "kode ini tidak terlihat dibrowser lama" tidak akan di cetak (komentar), jika browser anda adalah browser versi lama, maka tidak akan mencetak apapun pada browser anda, kecuali title "Belajar JavaScript" pada title bar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "JavaScript Di Dalam HTML"

Posting Komentar