Element Dasar HTML

Heading

http://websitecompletecoding.blogspot.co.id/
Tidak bosan saya mengingatkan anda jangan terlalu sering copy atau paste dalam pembelajaran pembuat atau membangun website anda sendiri, karena menyebabkan anda tidak berfikir dan tidak dapat mengenal element, atribut dan makna tag yang di ajarkan di sini. coba lah untuk belajar mengetik itu sudah membangun kecerdasan anda 75%, dan selebihnya hanya memahami dan menghafal tag-tag yang di butuhkan untuk membangun sebuah website.

Rajin membaca banyak tahu, dan dari membaca langsung anda tulis dan ketik atau peraktikannya itu lebih baik, di banding hanya copy dan paste hanya membuat anda bodoh.

Sebuah dokumen biasanya memiliki judul atau disebut heading. Tag heading dituliskan dengan <hn> "n" disini dapat digantikan dengan bilangan antara 1 sampai 6. Sekarang tahap mengenal dasar Element HTML, buka aplikasi kalian buatlah dokumen seperti dokumen HTML berikut ini :
  1. <html>
  2.        <head>
  3.               <title>JUDUL HOMEPAGE ANDA</title>
  4.        </head>
  5.        <body>
  6.               <h1 align="center"> Macam-macam heading,
  7.                 ini Heading 1</h1>
  8.        <hr />
  9.        <h2> Tulisan dengan Heading 2 </h2>
  10.        <h3> Tulisan dengan Heading 3 </h3>
  11.        <h4> Tulisan dengan Heading 4 </h4>
  12.        <h5> Tulisan dengan Heading 5 </h5>
  13.        <h6> Tulisan dengan Heading 6 </h6>
  14.        </body>
  15. </html>

Pada tag <h1> ditambahkan informasi lain yaitu attribute align="center", yang akan meletakkan kalimat di tengah-tengah halaman. Attribute adalah informasi tambahan yang di pakai untuk mengubah nilai-nilai default dari tag yang bersangkutan. Dapat kita lihat bahwa nilai default tag judul adalah rata kiri. Nilai attribute align yang bisa kita berikan adalah center, left, dan right. Garis Horizontal di hasilkan dengan tag <hr>

http://websitecompletecoding.blogspot.co.id/
Menggunakan tag heading

Paragraph

Text yang ditampilkan pada halaman dapat berupa paragraph, Tag yang digunakan untuk menuliskan paragraph adalah <p> </p>. Misalnya dalam dokumen HTML anda akan diisi dengan satu paragraf yang memberikan gambaran mengenai isi homepage anda. Perhatikan tampilan paragraph dalam browser di bawah ini :

http://websitecompletecoding.blogspot.co.id/
Paragraph pada dokumen HTML

Penulisan program untuk tampilan di atas adalah sebagai berikut :

<html>
       <head>
       <title> WEBSITE COMPLETE HOMEPAGE </title>
       </head>

       <body>
<h3 align="center"> Mudahnya Memiliki Website </h3>
<p align="justify">
Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi didalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak banyak digunakan didunia penerbitan dan percetakan yang di sebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunanya oleh World Wide Web Consortium (W3C). Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembang dari HTML. HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai yang diinginkan.sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome dan juga Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.
</p>
       </body>
</html>

Atribut Align

Atribut Align berfungsi agar kita dapat membuat text menjadi ratakanan, rata kiri, rata tengah, dan rata kiri-kanan. Berikut penggunan atribut align pada tag paragraph <p>.

<P ALIGN=right>          -> Rata Kanan
<P ALIGN=left>            -> Rata Kiri
<P ALIGN=center>       -> Rata Tengah
<P ALIGN=justify>        -> Rata Kiri & Kanan

Atribute align bisa juga dikenakan pada tag Heading <hn>

<H? ALIGN=right>
<H? ALIGN=left>
<H? ALIGN=center>
<H? ALIGN=justify>

Center

Untuk menjadikan objek rata tengah selain menggunakan align="center", dapat juga menggunakan perintah <center>, hanya saja perintah ini terpisah, tidak berada dalam tag heading <h> atau paragraph <p>.

<html>

<head>
<title> WEBSITE COMPLETE HOMEPAGE </title>
</head>

<body>

<p align="center"> Selamat Datang di Website Complete Coding </p>

<center> Selamat Datang di Website Complete Coding </center>

<center>
<h1> Selamat Datang di Website Complete Coding</h1>
</center>

</body>

</html>
 
Output yang dihasilkan pada browser :

http://websitecompletecoding.blogspot.co.id/
Penggunaan Tag Center

Jika ada yang kurang jelas dari artikel atau setiap artikel saya, bisa kalian tanyakan dan tinggal komentar, saya akan jawab secepatnya, jika ada yang bilang website ini copas hiraukan, karena saya iseng membagikan ilmu ini yang saya ajarkan di LP3T-NF, IT Trainng - IT Education yang tepatnya Web Master Complete. Lumayan kan bisa belajar gratis tanpa mengeluarkan uang 5 juta untuk pembelajaran ini.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Element Dasar HTML"

Posting Komentar