Mendefinisikan Object JavaScript Pada Dokumen HTML

Definisi


http://websitecompletecoding.blogspot.co.id/
Definisi adalah suatu batasan atau arti, bisa juga dimaknai kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi ialah rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi.

Selain itu, definisi juga diartikan sebagai uraian pengertian yang berfungsi membatasi objek, konsep, dan keadaan berdasarkan waktu dan tempat suatu kajian. Definisi merupakan usaha para ilmuwan untuk membatasi fakta dan konsep.


Memberi ID Pada Object

Object pada dokumen HTML dapat diberi inisialisasi dengan nama identifikasi atau ID tertentu, misalnya suatu area diberi inisialisasi ID dengan nama "websiteku" dalam area tag <span> atau tag <div>.

Contoh :
<span id="websiteku" style="font-family: arial; color: blue">
       Website Ku
</span>
Atau sebuah kumpulan element-element pada object from diberi inisialisasi dengan nama ID "frm_cari", seperti kode berikut :
<form id="frm_cari" method="get">
        Cari Siswa : <input type="text" name="nama_cari" value="" size="30" />
        
        <input type="submit" value="Go" name="proses_cari" />
</form>
Hasilnya akan seperti dibawah ini :

http://websitecompletecoding.blogspot.co.id/


Mendefinisikan Variable Object

Dari area atau object yang telah diberi inisialisasi ID dapat dibuat variable yang mewakili object tersebut dengan menggunakan method document.getElementById( ).

Berikut contoh potongan JavaScript yang mendefinisikan variable object pada dokument HTML berdasarkan (ID) sesuai dengan kode HTML sebelumnya.
<script language="javascript"
    -----
        var obj1 = document.getElementById("websiteku");
        var frm = document.getElementById("frm_cari");
    -----
</script>
Pada kode diatas obj1 adalah variable yang mewakili object dari area <span id="websiteku"> dan object frm yang mewakili koleksi object dari form.


Catatan :
Kami memberi materi dan menjelaskannya agar anda mengerti akan atribut dan element yang akan kalian pakai untuk membangun sebuah website yang anda inginkan. Apa gunanya bila tidak mengertian?.. memang anda tidak bisa bertanya?.. cobalah belajar memahami semua, bukan sekedar membuat dengan cara copy dan paste.

Silahkan meninggalkan komentar kalian disini jika ada yang kurang paham dalam artikel ini, kami akan usahakan menjawab pertanyaan dan komentar kalian dengan cepat, Terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mendefinisikan Object JavaScript Pada Dokumen HTML"

Posting Komentar