Mengenal JavaScript

Pengenalan JavaScript


http://websitecompletecoding.blogspot.co.id/
Apa itu JavaScript?.. JavaScript adalah bahasa skrip (scripting language) yang secra luas banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi website di sisi client.

Nama asli JavaScript awalnya adalah "ECMAScript", yang dikembangkan dan dimaintain oleh ECMA Organisation. ECMA-262 adalah standard pertama dari JavaScriipt, dimana standarisasinya berdasarkan JavaScript (Netscape) dan JScript (Microsoft).

Bahasa JavaScript dikembangkan pertama kali oleh Brendan Eich di Netscape (Navigator 2.0), dan telah digunakan di semua browser Netscape dan Microsoft sejak tahun 1996.

Berikut definisi-definisi yang menjelaskan tentang JavaScript :
  • JavaScript didesain untuk membuat halaman webste HTML menjadi interaktif,
  • JavaScript adalah scripting language yang berjalan di sisi client (browser),
  • JavaScript biasa ditulis menyatu dengan Tag HTML,
  • JavaScript juga adalah interpreted language (artinya skrip langsung dieksekusi tanpa proses kompilasi),
  • Setipa orang dapat menggunakan JavaScript tanpa membayar lisensi.

Saat ini JavaScript telah menjadi scripting language yang populer di internet dan dapat berjalan di hampir semua browser, seperti Internet Explorer, Firefox dan Opera.


Perbedaan JavaScript Dengan Java


http://websitecompletecoding.blogspot.co.id/
Keduanya memang sekilas nampak memiliki kesamaan nama hanya saja secara teknis Java adalah suatu bahasa pemrograman (kompiler) yang dikenal dengan dengan bahasa pemrograman Java. Java sendiri memiliki kemiripan bentuk penulisan kodenya dengan C++, diamana antara header dan class files terpisah, yang kemudian di kompile bersama dalam pengeksekusiannya. Java cukup powerful untuk membuat aplikasi-aplikasi besar dan dapat ditanam atau disisipkan dalam kode HTML sebagai suatu object yang disebut "applet". Java tidak dimaksudkan sebagai bahasa pemrograman yang mudah untuk digunakan bagi non-programmers.

JavaScript sangat mudah digunakan bagii non-progranners dibandingkan dengan Java, anda cukup menuliskan beberapa urutan perintah sederhana ke dalam HTML code tanpa harus mengkopilasinya terlebih dahulu ataupun menggunakan "applet".

Dalam implementasi aplikasi website dengan Java, satu lagi perbedaan antara JavaScript dengan Java (JSP/Serlvet), JavaScript berjalan di sisi client sedangkan Java berjalan di sisi server.


Apa Yang Bisa Dilakukan Oleh JavaScript

http://websitecompletecoding.blogspot.co.id/
JavaScript yang berjalan di sisi client aplikasi atau berjalan di browser mempunyai beberapa keunggulan, serta kelebihan dalam sisi browser.

Dan juga JavaScript bisa kalian pahami dengan mengenalnya dengan mudah, setiap kalain membuka halaman atau aplikasi dreamweaver pada sisi Tag <HEAD>, dan diisikan di dalam tag tersebut.
  
Berikut hal-hal yang dapat dilakukan oleh JavaScript :

  •  JavaScript dapat mudah digunakan oleh desainer
Penulisan HTML biasanya bukan seorang programmer, JavaScript adalah bahasa skrip yang sangat simple dalam penulisan sintaknya, setiap orang dapat membuat kode JavaScript di halaman HTML.
  • JavaScript dapat meletakan teks yang dinamis ke dokumen HTML
Sintaks JavaScript seperti ini : document.write ("<h1>" + name + "<h1>") dapat menulis sebuah variable teks kedalam halaman HTML.
  • JavaScript dapat membaca dan menulis pada element-element HTML
Seperti ini penulisannya : 
<head>
       <script>
       </script>
</head>
  • JavaScript dapat digunakan untuk validasi data
JavaScript dapat digunakan untul validasi form sebelum data dikirim ke server, hal ini membuat kerja program di sisi server lebih ringan.
  • JavaScript dapat digunakan untuk mendeteksi pengguna browser
JavaScript akan muncul jika kalian membuka tab pada banyak broser di setiap kalian membuka jendela baru pada browser.
  • JavaScript dapat digunakan untuk membuat cookies
JavaScript dapat digunakan untuk menyimpan data dan mengambil informasi dari pengguna komputer.
 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal JavaScript"

Posting Komentar